Sabtu, 18 Februari 2012

tips microsoft word : cetak buku

Laporan tentang kegiatan sekolah, kegiatan belajar mengajar maupun materi bahan ajar biasanya disusun dalam format biasa. Agar tampil beda, kita dapat menyusunya dalam bentuk format buku. Format ini juga dapat kita gunakan untuk menyusun karya tulis ilmiah dalam bentuk buku maupun membuat buku saku. Berikut Tips pembuatannya.
1.Buka file baru atau file yang akan kita atur menjadi bentuk buku;



2.Pilih menu page layout dan sub menu page setup:



3.Pada menu Page Setup, pada pilihan multiple pages pilih bentuk book foold lalu pilih OK



4.Sekarang kita sudah siap membuat tulisan dalam bentuk buku;

5.Atur marginnya minimal masing-masing menjadi 1 sentimeter.

6.Pada saat pencetakan/ print agar kita dapat menggunakan kertas bolak balik lakukan penyesuaian pada printernya (print properties).




7.Cara pengaturan pada setiap printer agak berbeda isitilah yang digunakan biasanya double side printing, print on both side, Two side printing. Contohnya saya menggunakan printer HP Deskjet seri 3740, pilih print on both side nya menjadi manually, lalu ok dan lanjutkan ok untuk mulai ngeprint/ pencetakan.



8.Sebelum melakuan pencetakan sebaiknya jumlah kertas disiapkan pada paper feeder sesuai dengan kebutuhan untuk mencetak;

9.Setelah selesai mencetak satu sisi, secara otomatis printer akan meminta untuk membalikan kertas;

10.Ambil kertas yang sudah ada hasil cetakan pada sisi sebelah dan masukan ke paper feeder (muka sisi yang kosong harus pada area pencetakan, Sebaiknya lakukan uji coba dulu untuk naskah yang hanya membutuhkan satu lembar kertas terlebih dahulu).

11.Setiap judul bab sebaiknya berada pada halaman yang ganjil.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan komentar, karena komentar anda turut membangun blog ini